Resume Panduan awal Mendesain Pembelajaran dalam Jaringan (Daring)


Resume Panduan awal Mendesain Pembelajaran dalam Jaringan (Daring)
Pemateri : Agus Sampurno

Resume, Tanggal 1 April 2020

Uri Sahuri, S.Pd.
NIB : G8-131
SDN Jatimulya I Majalengka Jawa Barat

Sebelum menulis artikel pertama kali yang harus disiapkan adalah menemukan 3 kata kunci yang berhubungan dengan kenyataan saat ini yang berhubungan dengan belajar dalam jaringan dan pembelajaran yang kaitanya dengan work from home karena dampak dari penyebaran covid-19 sehingga menimbulkan pergeseran dari pengjaran tatap muka menjadi pembelajaran online. Contoh 3 kata kunci saya buat adalah : pembelajaran on line, siswa, covid-19. Maka nantinya saya akan membuat artikel dari 3 kata kunci tersebut yang dikembangkan sendiri.
Dalam membuat tulisan dimanapun tidak terlepas dari cara menarik perhatian, terutama tulisan dalam blog agar menarik pembaca. Menulis di blog kadang terinspirasi ari tulisan orang lain, hal ini membuat kita berpikir bahwa menulis itu mudah. Untuk judul yang bagus harus memperhatikan beberapa kata : 5 Persuasive Words That Controls Minds( 5 kata persuasif untuk mengendalikan pikiran pembacanya) terdiri dari : 1. You (kamu), 2 . Free (bebas), 3. New (baru), 4. Now ( sekarang/ saat ini) 5. Secret (rahasia). Pemateri yaitu Bp Agus Sampurno memberikan 5 judul yang nantinya akan dipilih dari 5 tersebut judul termudah dan tersulit. Tugas dari pemateri adalah tulislah dari tulisan yang paling dianggap mudah yang telah dipilih.
Berikut ini 5 hal yang dilakukan guru agar dirinya handal dalam berpraktek sebagai guru jarak jauh yaitu: (1) Menugaskan kepada siaswa yang simple saja artinya siswa tidak mulai dengan hal yang baru sama sekali, guru mulai dengan tugas yang sudah pernah diberikan dengan dimodifikasi (2) Membuat jadwal mingguan berkaitan dengan materi yang akan dipelajari, (3) Berani memodifikasi kurikulum , terapkan prinsip Merdeka Belajar namun menantang misalnya membuat vlog, anak pasti senang. (4) Tetap menjadi guru, tetaplah jadi guru yang ramah sat melakukan pembelajaran online. (5) Variasikan sumber belajar maka kelas online akan menarik, yang membuat siswa kreatif tanpa guru sangka-sangka.
Kesimpulan sebagai penutup, dalam mengajar aspek komunikasi tetap nomor satu , tempatkan diri anda pada diri siswa, misalnya tidak semua siswa dapat dukungan orang tua. Untuk itu anda sebaiknya mengecek bagaimana siswa mengeejakan tugasnya selama pembelajaran dengan tipe online ini.
.
 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berbagi Pengalaman Menerbitkan Buku

Resume “Dasar Menulis: Kata, Kalimat, dan Paragraf”

Menerbitkan Buku dari Hasil Penelitian Tindakan Kelas